This is default featured slide 1 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 2 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 3 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 4 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

This is default featured slide 5 title

Go to Blogger edit html and find these sentences.Now replace these sentences with your own descriptions.

Selasa, 28 Mei 2013

Persiapan Cara Membuat Kerajinan Flanel



Persiapan Cara Membuat Kerajinan Flanel
1. Siapkan Alat & Bahan Flanel
Sebelum mulai pastikan anda sudah punya alat, bahan, pola dan tahu teknik tusuk feston.
Alat :
- Gunting kain
- Jarum jahit & jarum pentul
- Gantungan kunci & lem
- Pola flanel Bintang
Bahan :
- Kain flanel merah & putih
- Benang sulam hitam, benang jahit hitam & merah
- Dakron & Monte hitam
Langkah-Langkah Cara Membuat Kerajinan Flanel
2. Pola Kerajinan Flanel
Setelah alat dan bahan flanel siap, ayo kita mulai cara membuat gantungan kunci flanel bintang. Oh ya, pastikan dulu anda sudah membuat pola flanel berbentuk bintang.
- Ambil pola flanel bintang dan kain flanel merah
- Tumpuk kain flanel merah menjadi dua tumpukan
- Sematkan jarum pentul untuk memegang pola & kain
- Guntinglah kain flanel sesuai pola flanel bintang
- Lepaskan jarum pentul dari pola flanel
Hasilnya adalah dua buah bentuk flanel bintang merah sesuai pola flanelnya.
3. Ekspresi Boneka Flanel
Selanjutnya kita akan membuat mata dan ekspresinya.
- Ambil kain flanel putih
- Buatlah lingkaran 2 mata sesuai pola flanel
- Ambil satu sisi flanel bintang merah
- Tempelkan kedua lingkaran mata dengan lem
- Ambil monte hitam untuk bola mata
- Siapkan benang hitam dan jarum
- Pasang kedua bola mata hitam
- Siapkan benang sulam hitam dan jarum
- Buat ekspresi wajah tersenyum
Hasilnya adalah satu sisi bintang merah, kedua mata putih dan bola mata hitam dari monte dengan ekspresi wajah tersenyum.

4. Jahit dengan Tusuk Feston

Tahap ke-4 adalah menggabungkan kedua sisi flanel bintang bagian depan dan belakang, lalu memasang gantungan kuncinya.
- Ambil bagian depan dan belakang sisi flanel bintang
- Gunakan tusuk feston untuk menjahit semua sisinya
- Kaitkan gantungan kunci, pastikan jahitannya kuat
- Sisakan sedikit lubang untuk memasukkan dakron
Sampai disini, proses menjahit berhenti sejenak lalu siapkan dakron.

5. Masukkan Dakron

Langkah terakhir adalah memasukkan dakron.
- Pastikan lubang tempat dakron cukup leluasa
- Masukkan dakron sedikit demi sedikit
- Pastikan ujung-ujung bintang terisi penuh
- Gunakan alat bantu tusuk sate/sumpit
- Sesuaikan banyak dakron dengan bentuknya
- Tutup lubang dakron dengan tusuk feston
Beres, gantungan kunci flanel bintang selesai.
Horeee… akhirnya bisa membuat sendiri gantungan kunci dari kain flanel berbentuk bintang
6. Kemasan Kerajinan Flanel
Nah setelah gantungan kunci flanel bintang selesai, tinggal dimasukkan ke dalam kemasan plastik mika, lalu ditambahkan tag kemasan dan siap jual Ayo mau dijual berapa ya?
Gimana, gampang kan? Jika masih bingung, gak usah malu bertanya dan berkomentar. Jangan lupa tunggu beberapa tutorial cara membuat kerajinan flanel selanjutnya ya. Hayooo.. mau bikin kreasi apa ya?
cara membuat boneka dari kain flanel, cara membu






Hai gimana kabarnya? Tak terasa kita sudah memasuki pertengahan tahun 2012. Dalam suasana liburan sekolahan kali ini, saya hanya ingin merangkum beberapa materi dasar tentang kerajinan dari flanel. Namanya juga rangkuman berarti isinya adalah ringkasan dari beberapa materi kerajinan dari flanel yang sudah di bahas dalam 2 bulan terakhir.

8 Panduan Dasar tentang Kerajinan dari Flanel

To the point! Bagi yang merasa ketinggalan materi, gak usah khawatir. Dengan ringkasan ini anda akan lebih cepat memahami teori dasar tentang kerajinan dari flanel. Dan bagi yang sudah mengikuti dari materi pertama, pastinya sekarang akan semakin jelas. 8 Panduan Dasar Kerajinan dari Flanel ini sebenarnya saya ambil dari beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh pemula. Dari 8 pertanyaan ini, saya kelompokkan menjadi 2 bagian: Teori Dasar Kerajinan Flanel, Alat & Bahan untuk membuat kerajinan flanel.

Teori Dasar Kerajinan dari Flanel

1. Apa Sih Kain Flanel Itu?
Ini adalah pertanyaan wajib yang paling pertama ditanyakan pemula. Wajar, semua orang akan menanyakan “kayak apa sih kain flanel itu?” Cara yang paling gampang adalah dengan memperlihatkan gambarnya dulu, lalu berikan kainnya, biar bisa dipegang dan dirasakan. Ooooo.. jadi ini tho yang namanya kain flanel.
2. Apa Aja Contoh Produk Kerajinan Kain Flanel?
Setelah mengetahui gambar dan bentuk kain flanel lalu pasti kepikiran, “Emang bisa dibikin apa aja kain flanel ini?” Kain flanel bisa untuk membuat aneka ragam kreasi kerajinan dan gampang dipadukan dengan bahan lainnya. Banyak teman kita yang malah mengetahui produknya dulu, atau membeli produk kerajinan flanel duluan, lalu baru bertanya “ini dibikin dari kain apa ya?” Tak masalah duluan ayam atau telor, yang penting telornya bisa dibikin apa dulu
3. Dimana Toko Yang Menjual Kain Flanel?
Bagi yang tertarik berkreasi dan mencoba membuat sendiri pasti tambah penasaran. “Dimana sih membeli kain flanel?” Berhubung Indonesia ini luas, saya bantu mencarikan beberapa referensi toko kain flanel di Jakarta, Surabaya dan Bandung. Beda kota, beda toko, beda harga dan terkadang juga sedikit beda jenis kain flanelnya.
4. Berapa Sih Harga Kain Flanel?
Untuk 1 meter kain flanel biasanya berkisar antara 16 ribu ~ 22 ribu rupiah, bahkan ada yang menjual hingga 25 ribu rupiah. Semakin panjang jalur distribusinya maka harga kain flanelnya makin mahal. Misalnya : Harga kain flanel di Jakarta sekitar 16 ribu/meter, berhubung kain flanel di kirim ke Bali maka harganya menjadi 18 ribu/meter padahal kainnya sama persis. Lalu di Bali di distribusikan lagi ke toko kain eceran sehingga harganya pun naik menjadi 20 ribu/meter.
5. Ada Berapa Warna Kain Flanel?
Toko kain flanel yang lengkap biasanya menyediakan sekitar 40-50 warna kain flanel. Woww.. jadi silahkan pilih warna sesuai dengan bentuk dan jenis kreasi yang akan dibuat. Kalau bingung milih warnanya, pakai aja patokan mejikuhibiniu, hitam, putih dan abu.

Alat dan Bahan Kerajinan dari Flanel

6. Alat apa yang diperlukan untuk kerajinan flanel?
Bagi yang gak tahan untuk segera membuat kerajinan flanel, ayo siapkan peralatannya. Alat yang digunakan untuk membuat kerajinan flanel bisa didapatkan di toko kain, toko benang atau toko alat tulis. Contohnya: Gunting, pensil, penggaris, kertas, karton, cutter, jarum, dll
7. Bahan yang Digunakan untuk Kerajinan Flanel?
Bahanya utamanya sudah pasti kain flanel. Bahan lainnya seperti benang jahit, benang sulam, dakron, manik-manik, mote, payet, dll
8. Bahan Tambahan untuk Membuat Kerajinan Flanel
Selain bahan utama, masih diperlukan bahan tambahan seperti : gantungan kunci flanel, magnet, bando, sandal, kaos, tempelan kacan, tali, bross flanel, dll. Jenis bahan tambahan ini tergantung dari kreasi kerajinan flanel apa yang ingin dibuat.
Nah, sudah mulai ada gambaran tentang kerajinan dari flanel kan? Biar lebih plong silahkan baca satu per satu pembahasannya. Anggap aja mengisi liburan dengan kegiatan bermanfaat, sambil belajar membuat kerajinan kain flanel. Jadi gak ada lagi istilah mati gaya saat liburan ya BTW: Ngapain aja Sist’ selama liburan ini?













Cara Membuat Bros Flanel

Sebenarnya teknik dan cara membuat bros flanel kali ini tidak jauh berbeda dengan cara membuat gantungan kunci flanel sebelumnya. Hal ini sengaja dilakukan agar teman-teman pemula bisa mengikuti dengan perlahan dan pasti. Yang membedakannya adalah alat dan bahan tambahannya saja. Untuk membuat gantungan kunci flanel bintang, kita menggunakan gantungan kunci besi sedangkan untuk bross flanel menggunakan Bross Peniti. Lalu untuk melekatkan peniti ke kain flanel, kita menggunakan lem tembak. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat beberapa artikel lainnya tentang alat dan bahan kerajinan flanel. BTW, Thanks untuk Grosir Gantungan Kunci Flanel dan toko flanel ijolumut yang telah membantu membuat tutorial ini.

Persiapan Cara Membuat Bros Flanel

1. Siapkan Alat & Bahan Flanel
Sebelum mulai pastikan anda sudah punya alat, bahan, pola dan tahu teknik tusuk feston.
Alat :
- Bros peniti besi  & Gunting kain
- Jarum jahit & jarum pentul
- Lem Bening & lem tembak (glue gun)
- Pola flanel Bunga
Bahan :
- Kain flanel merah & putih
- Benang sulam hitam, benang jahit hitam & merah
- Dakron secukupnya

Langkah-Langkah Cara Membuat Bros Flanel Bunga

2. Pola Kerajinan Flanel
Setelah alat dan bahan flanel siap, ayo kita mulai cara membuat bross flanel. Oh ya, pastikan dulu anda sudah membuat pola flanel berbentuk bunga.
- Ambil pola flanel bunga dan kain flanel merah
- Tumpuk kain flanel merah menjadi dua tumpukan
- Sematkan jarum pentul untuk memegang pola & kain
- Guntinglah kain flanel sesuai pola bross flanel bunga
- Lepaskan jarum pentul dari pola flanel
Hasilnya adalah dua buah bentuk flanel bunga merah sesuai pola flanelnya.
3. Ekspresi Boneka Flanel
Selanjutnya kita akan membuat mata dan ekspresinya.
- Ambil kain flanel putih
- Buatlah lingkaran untuk bagian wajah
- Siapkan jarum dan benang sulam hitam
- Buat ekspresi seperti gambar flanel disamping
- Ambil satu sisi flanel bunga merah
- Siapkan lem bening (UHU)
- Tempelkan bagian belakang wajah ke bunga
Hasilnya adalah satu sisi wajah bunga merah dengan ekspresi wajah tersenyum. Silahkan buat ekpresi wajah lainnya sesuka hati anda.

4. Masukkan Dakron & Tusuk Feston

Sebelum memasukkan dakron, jahitlah bagian pinggir dengan tusuk feston dan sisakan sedikit lubang untuk memasukkan dakron.
- Pastikan lubang tempat dakron cukup leluasa
- Masukkan dakron sedikit demi sedikit
- Pastikan ujung-ujung bintang terisi penuh
- Gunakan alat bantu tusuk sate/sumpit
- Sesuaikan banyak dakron dengan bentuknya
- Tutup lubang dakron dengan tusuk feston
Horeee… akhirnya boneka flanel berbentuk bunga sudah selesai
Eh.. tapi ada yang ketinggalan nih.

5. Cara memasang Bros pada kain flanel

Proses terakhir adalah memasang bros di bagian belakang boneka flanel bunga ini.
- Siapkan lem tembak
- Pasang colokan dan tunggu sampai panas
- Siapkan bros peniti besi
- Ambil boneka flanel bunga
- Gunakan lem tembak di bagian belakang
- Tembakkan lem yang meleleh secukupnya
- Taruh lem lalu ambil bross peniti besi
- Lekatkan bros dan tahan beberapa saat
- Biarkan lem mengering
- BERES
6. Kemasan Kerajinan Flanel
Nah setelah bros flanel bunga selesai, tinggal dimasukkan ke dalam kemasan plastik mika, lalu ditambahkan tag kemasan dan siap jual Kalau mau dipakai langsung, asik juga tuh. Bikin beberapa jenis warna dan ekpresi wajah yang berbeda.
Gimana, Cara membuat bros flanel Bunga itu gampang kan? Jangan lupa tunggu beberapa tutorial cara membuat kerajinan dari kain flanel selanjutnya ya. Hayooo.. mau bikin kreasi apa lagi?
cara membuat bros b



Kardigan Polos Lengan 34

Kardigan Polos Lengan 34:
Kondisi: Baru
Harga: Rp. 70.000,00
Deskripsi: Kardigan Murah MeriahKode Produk AG14AtKardigan Polos Abu TuaBahan Rajut CottonBahan tidak akan melar berbuluKancing Besar 5Ready Size Msize MPa

klik di sini untuk selengkapnya

Knalpot R9 Ninja 150 R RR New Mugello

Knalpot R9 Ninja 150 R RR New Mugello:
Kondisi:
Harga: Rp. 1.405.000,00
Deskripsi: Kanlpot R9 Ninja 150 R RR New MugelloKet Full Stainless SteelHarga RRp 1405000 setnegoMandiri Card Rp 468333 x 3 bu

klik di sini untuk selengkapnya

Puluhan Mahasiswa PE Uniku Yudisium

Puluhan Mahasiswa PE Uniku Yudisium:
Sejumlah Mahasiswa PE Mengikuti YudisiumKuningan News - Sebanyak 51 mahasiswa Pendidikan Ekonomi (PE) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kuningan (Uniku) dinyatakan lulus dalam prosesi yudisium, Selasa (28/5/2014). Mereka dinyatakan lulus setelah menempuh sidang skripsi yang diselenggarakan selama 2 hari kebelakang.

IQ TINGGI Bisa Lebih Ahli Lihat Objek Kecil dan Benda Bergerak

IQ TINGGI Bisa Lebih Ahli Lihat Objek Kecil dan Benda Bergerak:
Newswire


Ilustrasi/atlanticwire.com
KABAR24.COM, JAKARTA—Menurut penelitian yang diterbitkan Cell Press Journal Current Biology, pemilik tingkat kecerdasan (IQ) tinggi unggul dalam melihat objek kecil dan benda bergerak.
Tugas atau latihan visual sederhana ini dapat mengukur kemampuan bawah sadar otak untuk menyaring gerakan visual.
Studi ini menunjukkan bahwa otak pada pemilik IQ tinggi otomatis lebih selektif ketika mengamati objek bergerak. Mereka cenderung menekan objek besar dan gerak latar belakang yang kurang relevan, seperti dilansir dari laman University of Rochester.
Tes ini adalah penilaian murni sensorik pertama, berkorelasi dengan IQ dan dapat memberikan alat non-verbal serta budaya objektif bagi para ilmuwan yang ingin memahami proses saraf berhubungan dengan kecerdasan umum.
“Karena kecerdasan adalah suatu konstruk yang luas, Anda tidak bisa benar-benar melacak kembali ke salah satu bagian otak,” ujar peneliti dan asisten profesor ilmu otak dan kognitif di University of Rochester, Duje Tadin.
“Tapi karena tugas ini sangat sederhana dan sangat terkait erat dengan IQ, mungkin memberi kita petunjuk tentang apa yang membuat otak lebih efisien dan cerdas,” ujar dia.
Penelitian ini diterbitkan di Cell Press Journal Current Biology oleh tim peneliti yang dipimpin oleh Tadin dan Michael Melnick, seorang kandidat doktor di ilmu otak dan kognitif di University of Rochester.
Dalam melakukan penelitian, para ilmuwan meminta sejumlah individu menonton video singkat balok bergerak pada layar komputer. Individu ini diminta menyatakan apakah balok bergerak ke kiri atau ke kanan.
Balok disajikan dalam tiga ukuran, dengan versi terkecil yang terbatas pada lingkaran pusat di mana persepsi gerak manusia dikenal menjadi optimal.
Para peneliti kemudian mengukur berapa lama video diputar sebelum individu mampu menebak gerakan dengan benar. Hasilnya, individu dengan IQ tinggi dapat menangkap pergerakan benda-benda kecil lebih cepat ketimbang individu dengan IQ rendah.
Seperti yang diharapkan, orang-orang dengan skor IQ yang lebih tinggi lebih cepat dalam menangkap gerakan balok ketika mengamati gambar terkecil.(Antara/ms)


MINYAK BUMI INDONESIA Akan Habis 11 Tahun Lagi

MINYAK BUMI INDONESIA Akan Habis 11 Tahun Lagi:
Newswire


Ilustrasi/Antara
KABAR24.COM, PEKANBBARU—Cadangan minyak bumi atau minyak fosil Indonesia akan habis dalam waktu 11 tahun lagi, menurut Lembaga Kajian untuk Reformasi Pertambangan, Energi, dan Lingkungan Hidup (ReforMiner Institute).
“Untuk itu, dibutuhkan adanya penemuan energi terbaharukan pengganti minyak bumi,” kata Wakil Direktur ReforMiner Institute, Komaidi Notonegoro, kepada ANTARA di Pekanbaru, Selasa (28/5).
Menurut data lembaga ini, cadangan minyak per tahun 2011 hanya tersisa sekitar 3,74 miliar barel sementara produksi per tahunnya sekitar 358,890 juta barel.
Itu artinya, cadangan minyak bumi nasional akan habis pada 11 tahun.
Sementara untuk cadangan gas bumi, menurut catatan ReforMiner, masih sekitar 104,71 triliun standar feet kubik/Tera Standard Cubic Feet (TSCF) atau produksi pertahunnya yakni mencapai 471.507 Million Standard Cubic Feet per Day (MMSCFD).
“Untuk cadangan energi fosil khusus gas bumi, diperkirakan masih akan tersedia hingga 31 tahun ke depan,” katanya.
Kemudian untuk cadangan jenis energi fosil jenis batubara, ReforMiner Institute mencatat ada sebanyak 21.131,84 juta ton, dimana produksi per tahunnya yakni mencapai 353.387.341 ton.
Khusus untuk batubara, lembaga kajian ini memprediksikan cadangan yang terkandung dalam bumi Indonesia masih akan ada hingga 59 tahun kedepan.
ReforMiner mencatat, posisi cadangan khusus minyak bumi Indonesia terhadap dunia saat ini menempati pisisi 28 (2010).
Posisi ini jauh berada di bawah Saudi Arabia yang berada di peringkat teratas dengan cadangan minyak bumi mencapai 264,50 miliar barel dan diposisi kedua ditempati Venezuela dengan nilai cadangan mencapai 211,20 miliar barel.
Untuk posisi ketiga ditempati oleh Iran yang memiliki cadangan minyak mencapai 137,00 miliar barel dan disusul oleh Iraq dengan cadangan minyak sekitar 115,00 miliar barel.
Seterusnya ada negara-negara kaya lainnya, seperti Kuwait (cadangan minyak 101,50 miliar barel), United Arab Emirates (97,80 miliar barel), Russian Federaton (77,40 miliar barel), Libya (46,40 miliar barel), Kazakhstan (39,80 miliar barel), dan Nigeria berada di posisi ke 10 dengan nilai cadangan minyak mencapai 37,20 miliar barel.
Selebihnya dari peringkat 11 hingga ke 28 (Indonesia) cadangan minyak dunia didominasi oleh negara-negara di Asia Tenggara, termasuk Malaysia dan Brunei Darussalam. (Antara/ms)

LIGA SPANYOL: Real Madrid Tak Berniat Lepaskan Ronaldo

LIGA SPANYOL: Real Madrid Tak Berniat Lepaskan Ronaldo:
Arif Budi Winarto


Cristiano Ronaldo/Reuters
KABAR24.COM, JAKARTA–Presiden Real Madrid Florentino Perez menyatakan Madrid tidak akan melepas Cristiano Ronaldo pada bursa transfer musim panas ini.
Menurutnya, Los Blancos masih membutuhkan Ronaldo dalam tim musim depan.
Rumor beredar, klub tajir asal Prancis, Paris Saint Germain (PSG) tertarik membidik Pria Portugal tersebut. Hal ini terkait sikap Ronaldo yang sempat menunjukkan gelagat ingin hengkang dari Bernabeu. Terlebih, hengkangnya Mourinho disinyalir bisa menjadi pemicu ikut hengkangnya Ronaldo.
“Sebelumnya, Saya tidak tahu kalau ada tawaran dari PSG untuk Ronaldo. Dia pernah berkata pada saya musim panas lalu bahwa dia mulai merasa sedih dan kurang bahagia disini, dan saya meyakinkan kepadanya bahwa kami akan melakukan apapun agar dia bahagia,” ujar Perez, seperti dikutip ESPN.
Bukan hanya PSG, jawara Premier League, Manchester United, juga sangat berminat membawa pulang Ronaldo ke Old Trafford. Akan tetapi, sampai berita ini diturunkan Ronaldo belum memberikan tanggapan resmi terkait masa depannya.
Cristiano Ronaldo masih menyisakan kontrak di Madrid hingga 30 Juni 2015. (JIBI/aw)

PENJUALAN TABLET Akan Salip Pasar PC Pada 2015

PENJUALAN TABLET Akan Salip Pasar PC Pada 2015:
John Andhi Oktaveri


Ilustrasi-iPad/Reuters
KABAR24.COM, JAKARTA—Penjualan komputer tablet global akan menyalip penjualan komputer personal (PC) pada 2015.
Menurut lembaga riset pasar IDC, para konsumen akan lebih suka memburu iPad sebagai alternatif komputer yang lebih kecil dan murah dari Apple Inc.,
Penjualan tablet diproyeksikan tumbuh 45 persen dari tahun ini dan akan mencapai 332,4 juta unit pada 2015, sedangkan penjualan PC diperkirakan 322,7 unit, menurut laporan IDC sebagaimana dikutip Bloomberg, Rabu (29/5).
Penjualan PC diduga merosot 7,8 persen tahun ini sekaligus merupakan angka penjualan terburuk per tahun, menurut lembaga survei pasar yang merevisi perkiraan penurunan sebelumnya sebesar 1,3 persen.
Komputer tablet yang lebih ringan, murah, dan didukung oleh ratusan aplikasi akan menggantikan PC, karena tingginya kebutuhan konsumen untuk pengecekan email, menjelajah laman serta mengakses musik dan film.
Dalam kurun tiga tahun sejak Apple meluncurkan iPad, tablet yang mengoperasikan piranti lunak Andorid dari Google Inc. telah mendongkrak pertumbuhan pasar.
“Bagi kebanyakan konsumen, tablet merupakan solusi yang elegan dan simpel untuk menggantikan peran PC,” ujar Ryan Reith, seorang analis IDC dikutip Bloomberg.
IDC melaporkan rata-rata harga jual tablet secara global turun 11 persen menjadi 381 dolar AS pada tahun ini dan akan terus turun. Alasannya, banyak konsumen memilih alat yang lebih kecil seperti iPad dari Apple yang bersaiang dengan yang dikeluarkan perusahaan seperti Samsung Electronics Co. dan Amazon.com Inc. (JIBI/aw)

KURIKULUM 2013: Kemdikbud Belum Siap, Jangan Dipaksakan Tahun Ini

KURIKULUM 2013: Kemdikbud Belum Siap, Jangan Dipaksakan Tahun Ini:
Newswire


Herlini Amran/Antara
KABAR24.COM, TANJUNGPINANG— Anggota Komisi X DPR Herlini Amran berpendapat sebaiknya pelaksanaan kurikulum baru dimulai Juli 2014.
“Kami menilai ada kecenderungan memaksakan pelaksanaannya. Padahal, terdapat bukti ketidaksiapan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan mengimplementasikan kurikulum baru,” katanya di Tanjungpinang, Provinsi Kepulauan Riau, Selasa (28/5).
Herlini yang berasal dari daerah pemilihan Kepri mengungkapkan ketidaksiapan kementerian terkait dalam melaksanakan kurikulum baru dapat dilihat dari pengadaan buku.
Sampai sekarang untuk kegiatan itu belum disiapkan secara matang mulai dari aspek penganggaran, penentuan sekolah sasaran, serta pelatihan guru.
“Karena itu kami menilai kelahiran kurikulum baru akan `prematur` bila tetap dilakasanakan tahun sekarang,” ungkapnya.
Anggota legislatif yang diusung PKS ini juga mensinyalir pemaksaan implementasi kurikulum baru semakin memperlebar jurang perbedaan antara bekas sekolah berstandar internasional dengan sekolah-sekolah biasa lainnya di Tanah Air.
“Sekarang semakin terang benderang, Kemdikbud hanya mampu mengimplementasi kurikulum baru di bekas sekolah-sekolah berstandar internasional,” kata Herlini dengan nada kesal.
Pascakisruh UN 2013 dan terungkapnya fakta tambal sulam pengembangan kurikulum, Herlini meminta pihak Kemdikbud mau legowo mengimplementasikan kurikulum baru mulai Juli 2014.
Satu tahun kedepan, Kemdibud sebaiknya mengoptimalkan penggunaan anggaran kurang lebih Rp829 miliar untuk peningkatan kapasitas para guru, seperti untuk pelatihan dan atau beasiswa bagi para guru.
Hal ini harus dipersiapkan secara maksimal karena para guru itulah yang akan menjadi ujung tombak implementasi kurikulum 2013. (Antara/nj)

SNMPTN 2013: Peraih Nilai UN ke-2 Terbaik Gagal

SNMPTN 2013: Peraih Nilai UN ke-2 Terbaik Gagal:
Yusran Yunus


Ilustrasi/Antara
KABAR24.COM, JAKARTA— Helena Martha Friska Saragi Napitu, peraih nilai Ujian Nasional (UN) 2013 terbaik kedua se-Indonesia tidak lulus Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2013.
Pasalnya, prestasi SMA Methodis 2 Medan itu sangat gemilang dan tak terbantahkan selama di sekolah .
Meski begitu, Helena tidak putus asa karena ingin mencoba peruntungan melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2013 agar cita-citanya menimba ilmu di Fakultas Kedokteran Universitas Sumatra Utara (USU) bisa tercapai.
 Berikut 12 siswa peraih rata-rata nilai UN murni tertinggi se-Indonesia:
Nama SiswaNilai
1.Ni Kadek Vani Apriyanti-SMAN 4 Denpasar9,87
2. Aditya Agam Nugraha-SMAN 1 Surakarta9,78
3.Helena Marthafriska SN-SMA Metodist Medan9,78
4.Made Hyang Wikananda-SMAN 4 Denpasar 9,76
5.Luh Putu Lindayani-SMAN 4 Denpasar 9,76
6.Elva Vidya-SMA Kristen 5 BPK Penabur9,75
7.Gracia Isaura Raulina-SMAN 8 Jakarta 9,75
8.Putu Siska Apriliyani-SMAN 4 Denpasar9,75
9.Nadia Anindita-MAN Insan Cendekia Ciater Serpong9,75
10.Sarah Alya Firnadya-SMAN 8 Jakarta 9,73
11.Zulva Fachrina-SMAN 10 Samarinda9,73
12.Putu Indri Widiani-SMAN 4 Denpasar9,73

FACEBOOK Akan Hapus Kata-kata Kasar Karena Takut Kehilangan Iklan

FACEBOOK Akan Hapus Kata-kata Kasar Karena Takut Kehilangan Iklan:
John Andhi Oktaveri

FACEBOOK Akan Hapus Kata-kata Kasar
ilustrasi/Digitalspy
KABAR24.COM, JAKARTA—Jejaring sosial terbesar Facebook mengatakan akan menghapus ungkapan kebencian (hate speech) dari lamannya di tengah maraknya keluhan karena jejaring sosial itu membuka peluang tindak kekerasan terhadap wanita sehingga membuat sejumlah perusahaan menarik iklan dari laman tersebut.
Nissan Motor Co. cabang Inggris tiba-tiba menghentikan iklan di laman Facebook karena ada konten promosi yang bersifat menyerang (ofensif) dan menyinggung setelah kelompok Women, Action, & the Media menyampaikan kritikannya.
Facebook menyatakan pihaknya akan meninjau kembali panduan dalam mengevaluasi konten yang melanggar aturan dan akan memperbarui pelatihan bagi tim yang akan mengkaji soal ungkapan kebencian.
Layanan media sosial semakin populer karena menyediakan ruang untuk menyampaikan komentar, foto, dan video. Kebebasan itu bisa menjadi bumerang jika konten yang ada di laman tersebut melanggar etika sehingga berpotensi menghambat masuknya iklan.
The Simon Wiesenthal Center mengecam Twitter Inc. dalam sebuah laporannya pada bulan ini bahwa layanan microblogging yang disediakan akun tersebut punya andil dalam mendorong tumbuhnya kebencian dan teror di forum online.
“Dalam beberapa hari ini kami tegaskan bahwa sistem kami akan mengidentifikasi dan menghapus ungkapan kebencian yang kami nilai tidak efektif, ” menurut pernyataan Facebook sebagaimana dikutipBloomberg, Rabu (29/5). (JIBI/ms)

MELON MELODI GAMA 3: Melon Super Tahan Cuaca Ekstrem & Serangan Hama

MELON MELODI GAMA 3: Melon Super Tahan Cuaca Ekstrem & Serangan Hama:
Newswire


Melon/Antara
KABAR24.COM, YOGYAKARTA– Laboratorium Genetika Fakultas Biologi Universitas Gadjah Mada mengembangkan melon yang tahan terhadap kondisi cuaca ekstrem yang diberi nama Melodi Gama 3.
“Kultivar Melodi Gama (MG) 3 berhasil dipanen dengan baik, meskipun kondisi cuaca pada akhir-akhir ini kurang kondusif bagi tanaman melon (Cucumis melo L),” kata koordinator tim peneliti Budi S Daryono, di Yogyakarta, Selasa (28/5).
Hal itu, menurut dia, terbukti saat panen MG 3 di lahan milik Kebun Pendidikan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (KP4) UGM. Potensi produksi MG 3 itu bisa mencapai 40 ton per hektare.
“Hasilnya terlihat bahwa kultivar MG 3 terbukti tahan terhadap kondisi cuaca ekstrem seperti intensitas hujan yang cukup tinggi sehingga dapat menghasilkan panen yang cukup baik,” katanya.
Ia mengatakan, intensitas hujan yang relatif tinggi akan berdampak buruk bagi perkembangan tanaman melon dan bisa mengakibatkan gagal panen karena tanaman melon seharusnya cocok ditanam pada musim kemarau.
“Selain di KP4, saat ini MG 3 sedang dilakukan uji multilokasi dan multimusim di daerah dataran tinggi yang terletak di Magetan, Jawa Timur, dan daerah pantai gumuk pasir di Kebumen, Jawa Tengah, untuk mengetahui sifat ketahanannya terhadap perubahan cuaca, hama, dan penyakit tanaman,” ujar Budi.
Anggota tim peneliti Rina Sri Kasiamdari mengatakan kultivar MG 3 memiliki keunggulan lain terutama ketahanan tehadap serangan hama dan penyakit.
Kultivar MG 3 tahan terhadap serangan jamur tepung dan jamur kresek yang sering menyerang tanaman melon. MG 3 juga toleran terhadap serangan penyakit yang disebabkan oleh virus di antaranya kyuri green mottle mozaic virus (KGMMV).
“Kondisi itu memberikan keuntungan bagi petani yakni dapat mengurangi ongkos produksi terutama untuk pembelian insektisida dan fungisida,” katanya.
Anggota tim peneliti Tri Joko mengatakan kultivar MG 3 memiliki warna daging buah oranye yang mengandung beta karoten sehingga cocok bagi kesehatan mata.
“Melon itu juga memiliki rasa manis, aroma harum, dan memiliki daya simpan yang lebih panjang sehingga secara ekonomi akan lebih menguntungkan,” tambah Tri. (Antara/nj)

4 BAHASA NONVERBAL Patut Diperhatikan di Tempat Kerja

4 BAHASA NONVERBAL Patut Diperhatikan di Tempat Kerja:
Andhina Wulandari


Ilustrasi/Forbes
KABAR24.COM, JAKARTA—Komunikasi yang baik sangat penting dilakukan agar pekerjaan di kantor bisa berjalan lancar. Tapi bukan hanya komunikasi verbal saja yang perlu Anda perhatikan, karena bahasa nonverbal yang kadang tak Anda sadari juga sama pentingnya.
Berikut ini adalah beberapa bahasa nonverbal yang patut Anda perhatikan di tempat kerja.
Meja atau kubikel kantor
Percaya atau tidak, tampilan meja kerja Anda turut mencerminkan pribadi Anda di kantor. Mereka yang memiliki meja kantor atau kubikel yang berantakan akan menggambarkan kepribadian yang tidak terstruktur. Anda terkesan tidak mampu mengelola hal kecil, maka jangan heran ketika bos tidak mempercayakan proyek besar untuk Anda kerjakan.
Gestur tubuh
Bahasa tubuh seseorang juga merupakan salah satu komunikasi nonverbal. Misalnya, ketika Anda melipat tangan di dada, maka Anda terlihat defensif atau berusaha mempertahankan diri. Tangan di pinggul memperlihatkan rasa percaya diri, sementara meremas-remas tangan menunjukkan diri Anda sedang gugup.
Gestur tubuh ini perlu diperhatikan ketika Anda berbicara dengan klien, atasan, atau bahkan rekan kerja. Jangan sampai bahasa tubuh Anda malah terkesan menyerang atau menyinggung perasaan mereka.
Tidak on-time
Mungkin ada beberapa orang yang cuek soal waktu, padahal tidak on-time saat tiba di kantor atau ketika akan meeting juga merupakan bahasa nonverbal. Hadir tepat waktu menandakan sikap hormat Anda kepada sesama rekan kerja, sementara datang terlambat menunjukkan hal sebaliknya.
Tulisan di e-mail
Saat akan mengirimkan e-mail, perhatikan kapitalisasi dan emoticon yang Anda gunakan. Menulis e-mail dengan warna merah, bold (ditebalkan), dan banyak huruf kapital bisa mengesankan Anda sedang marah-marah. Ingat bahwa tulisan di e-mail tidak memiliki intonasi, seperti layaknya komunikasi verbal, karena itu hati-hati jangan sampai si penerima e-mail jadi tersinggung. (Brazen/Thedailymuse/aw)

Senin, 13 Mei 2013

MODEL PEMBELAJARAN



MODEL-MODEL PEMBELAJARAN TERPADU

Prabowo (2000:3) mengatakan bahwa pembelajaran terpadu sebagai suatu proses mempunyai beberapa ciri yaitu : (1) berpusat pada siswa (student centered), (2) proses pembelajaran mengutamakan pemberian pengalaman langsung, serta (3) pemisahan antar bidang studi tidak terlihat jelas. Dari beberapa ciri pembelajaran terpadu di atas, menunjukkan bahwa model pembelajaran terpadu adalah sejalan dengan beberapa aliran pendidikan modern yaitu termasuk dalam aliran pendidikan progresivisme. Aliran pendidikan progresivisme memandang pendidikan yang mengutamakan penyelenggaraan pendidikan di sekolah berpusat pada anak (child-centered), sebagai reaksi terhadap pelaksanaan pendidikan yang masih berpusat pada guru dan pada bahan ajar. Tujuan utama sekolah adalah untuk meningkatkan kecerdasan praktis, serta untuk membuat anak lebih efektif dalam memecahkan berbagai problem yang disajikan dalam konteks pengalaman (experience) pada umumnya (William F. O’neill, 1981).
Tujuan pendidikan aliran progresivisme adalah melatih anak agar kelak dapat bekerja, bekerja secara sistematis, mencintai kerja, dan bekerja dengan otak dan hati. Untuk mencapai tujuan tersebut, pendidikan seharusnya dapat mengembangkan sepenuhnya bakat dan minat setiap anak. Kurikulum pendidikan progresif adalah kurikulum yang mengakomodasi pengalaman-pengalaman (atau kegiatan) belajar yang diminati oleh setiap siswa (experience curriculum). Sedangkan metode pendidikan progresif lebih berupa penyediaan lingkungan dan fasilitas yang memungkinkan berlangsungnya proses belajar secara bebas pada setiap anak untuk mengembangkan bakat dan minatnya (Mudyaharjo, 2001).
Adapun model-model pembelajaran terpadu sebagaimana yang dikemukakan oleh Fogarty, R (1991 : 61– 65) yaitu sebanyak sepuluh model pembelajaran terpadu. Kesepuluh model pembelajaran terpadu tersebut adalah :1) the fragmented model ( Model Fragmen ), 2) the connected model ( Model Terhubung ), 3) the nested model ( Model Tersarang ), 4) the sequenced model ( Model Terurut ), 5) the shared model ( Model Terbagi ), 6) the webbed model ( Model Jaring Laba-Laba ), 7) the threaded model ( Model Pasang Benang ), 8) the integrated model ( Model Integrasi ), 9) the immersed model ( Model Terbenam ), dan10) the networked model ( Model Jaringan )Dari kesepuluh model pembelajaran terpadu di atas dipilih tiga model pembelajaran yang dipandang layak dan sesuai untuk dapat dikembangkan dan mudah dilaksanakan di pendidikan dasar (Prabowo, 2000:7).
Ketiga model pembelajaran terpadu yang dimaksud adalah model terhubung (connected), model jaring laba-laba (webbed), model keterpaduan (integrated).Berdasarkan karakteristik yang dimiliki oleh masing-masing model pembelajaran tersebut, maka model pembelajaran yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah model terhubung (the connected model), karena model terhubung ini penekanannya terletak pada perlu adanya integrasi inter bidang studi itu sendiri. Selain itu, Model terhubung ini juga secara nyata menghubungkan satu konsep dengan konsep lain, satu topik dengan topik lain, satu keterampilan dengan keterampilan lain, tugas yang dilakukan dalam satu hari dengan tugas yang dilakukan pada hari berikutnya, serta ide-ide yang dipelajari pada satu semester dengan semester berikutnya.
Pemanfaatan penerapan model terhubung (connected) ini sangat relevan dengan konsep Cahaya (dalam fisika) dan konsep Sistem Indera pada manusia (dalam biologi), agar dapat terwujud pemampatan/ pengurangan waktu dalam pembelajaran pada konsep-konsep tersebut (Reduce Instructional Time). Hal ini terkait dengan upaya menghindari terjadinya penjejalan kurikulum dalam proses pembelajaran, sebagai akibat dari mengejar target kurikulum.Beberapa kelebihan dari model terhubung (connected) adalah sebagai berikut : (1) dampak positif dari mengaitkan ide-ide dalam satu bidang studi adalah siswa memperoleh gambaran yang luas sebagaimana suatu bidang studi yang terfokus pada suatu aspek tertentu. (2) siswa dapat mengembangkan konsep-konsep kunci secara terus menerus, sehingga terjadilah proses internalisasi. (3) menghubungkan ide-ide dalam suatu bidang studi sangat memungkinkan bagi siswa untuk mengkaji, mengkonseptualisasi, memperbaiki, serta mengasimilasi ide-ide secara terus menerus sehingga memudahkan untuk terjadinya proses transfer ide-ide dalam memecahkan masalah.
Di samping mempunyai kelebihan, model terhubung ini juga mempunyai kekurangan sebagai berikut : (1) masih kelihatan terpisahnya antar bidang studi, (2) tidak mendorong guru untuk bekerja secara tim, sehingga isi dari pelajaran tetap saja terfokus tanpa merentangkan konsep-konsep serta ide-ide antar bidang studi, dan (3) dalam memadukan ide-ide dalam satu bidang studi, maka usaha untuk mengembangkan keterhubungan antar bidang studi menjadi terabaikan.
Sintaks (pola urutan) dari model pembelajaran terpadu tipe connected (terhubung) menurut Prabowo (2000:11 – 14) sebagai berikut :1. Tahap Perencanaan :1.1. menentukan tujuan pembelajaran umum1.2. menentukan tujuan pembelajaran khusus2. Langkah-langkah yang ditempuh oleh guru :2.1. menyampaikan konsep pendukung yang harus dikuasai siswa.(materi prasyarat)2.2. menyampaikan konsep-konsep yang hendak dikuasai oleh siswa2.3. menyampaikan keterampilan proses yang dapat dikembangkan2.4. menyampaikan alat dan bahan yang akan digunakan / dibutuhkan2.5. menyampaikan pertanyaan kunci3. Tahap Pelaksanaan, meliputi :3.1. pengelolaan kelas; dengan membagi kelas kedalam beberapa kelompok3.2. kegiatan proses3.3. kegiatan pencatatan data3.4. diskusi secara klasikal4. Evaluasi, meliputi :4.1. evaluasi proses , berupa :- ketepatan hasil pengamatan- ketepatan dalam penyusunan alat dan bahan- ketepatan siswa saat menganalisis data4.2. evaluasi produk :- penguasaan siswa terhadap konsep-konsep / materi sesuai dengan tujuan pembelajaran khusus yang telah ditetapkan.4.3. evaluasi psikomotor :- kemampuan penguasaan siswa terhadap penggunaan alat ukur.
Diposkan oleh Padiya di 18:46